Sunday, March 9, 2014

RUMUSAN MASALAH PEMBUATAN DAFTAR MENU MENGGUNAKAN ANDROID


       Pada perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat ini, banyak sebagian bahkan hampir semua orang menggunakan smartphone untuk mengakses informasi dll. Salah satu smartphone yang banyak digunakan saat ini yaitu sistem berbasis android.  Sistem operasi Android merupakan sebuah sistem operasi yang digunakan pada perangkat seluler tablet dan smartphone.
      Perangkat mobile handheld ini sudah sangat populer dan banyak digunakan di kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Hampir seluruh kepentingan, catatan, informasi dan banyak hal lain yang disimpan dan diakses melalui perangkat mobile. Dengan kecepatan data yang semakin cepat dan kemampuan perangkat yang semakin canggih, banyak orang mulai beralih ke perangkat mobile untuk mengakses informasi-informasi penting dari pada menggunakan kertas seperti koran dan majalah ataupun komputer yang tidak dapat dibawa dengan mudah. 
        Salah satu contohnya yaitu pada restourant, pada restouran-restouran di indonesia masih menggunakan sistem manual dan untuk memesan makanannya konsumen harus menunggu pelayan datang untuk memberikan daftar menu makanan dan kemudian pelayan mencatat makanan yang akan dipesan oleh konsumen. Tidak sampai disitu saja, setelah mencatat daftar pesanan makan konsumen pelayan masih melakukan perjalanan ke dapur untuk memberikan daftar pesanan kepada koki yang berada di dapur. Ini yang masih rata-rata ada direstourant. Tentunya jika sistem ini masih terus dilakukan konsumen merasa tidak puas karena jika menggunakan sistem manual akan memperlama proses pembuatan makanan karena lama pada saat pemesanan dan perjalanan ke dapur. Bahkan proses pemesanannya masih berorientasi pada kertas.
        Oleh karena itu saya akan merancang dan membuat sebuah aplikasi sistem android pada restourant dengan cara pelayan memberikan android yang sudah terisi dengan daftar makanan jadinya konsumen hanya perlu menyetuh/memilih makanan dengan touchscreen yang diharapkan akan menyingkat waktu pemesanan dan cara pemesanannya pun menggunakan tablet yang berbasis android yang lebih komplit, karena pada daftar makanan di android akan ada gambar makanan dan harganya jadi konsumen jadi lebih nyaman.
      
     

     

No comments:

Post a Comment