Wednesday, March 5, 2014

PERBEDAAN ANTARA LOGIKA DEDUKTIF DAN INDUKTIF

Pada artikel saya kali ini saya akan mengeshare perbedaan antara apa itu.......


Sebenarnya Logika/penalaran Induktif itu pemahaman teorinya dari khusus ke umum kemudian  Logika/penalaran Deduktif kebalikannya dari Induktif yaitu dari umum ke khusus.


Untuk lebih jelasnya berikut sedikit penjelasan antara Logika Induktif dan Logika Deduktif beserta contohnya.
Logika Deduktif adalah suatu proses berfikir atau jalan pemikiran (penalaran)  yang bertolak dari sesuatu proposisi yang sudah ada, menuju kepada suatu proposisi baru yang berbentuk suatu kesimpulan.
Contohnya : Kelas TE-3B sedang membuat TA, Jadi Elia dan adit anak keas TE-3B sedang mengerjakan TA. 

Sedangkan Logika Induktif adalah suatu proses suatu proses berpikir yang bertolak dari sejumlah fenomena individual untuk menurunkan suatu kesimpulan (inferensi). Proses penalaran ini mulai bergerak dari penelitian dan evaluasi atas fenomena-fenomena yang ada.  Didalam melakukan penelitian dapat dengan tanpa mendasarkan teori terlebih dahulu. (kalau ada teori yang mendahuluinya juga boleh). Peneliti terjun langsung ke lapangan mencari temukan masalah.
Contohnya : Facebook membutuhkan koneksi untuk internet, twitter membutuhkan koneksi untuk       internet, Instagram membutuhkan koneksi untuk internet. Jadi semua media social membutuhkan internet. Motor membutuhkan bahan bakar, Mobil membutuhkan bahan bakar, Bus membutuhkan bahan bakar. Jadi semua transportasi membutuhkan bahan bakar.

No comments:

Post a Comment